Teknologi

Cara Update Windows 10 Offline

Ilustrasi update Windows 10

IDNMETA – Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat laptop maupun komputer. Untuk melakukan update Windows 10 bisa dilakukan secara offline.

Dengan melakukan update atau pembaruan Windows 10 secara offline memiliki kelebihan tidak boros kuota internet dan juga mudah untuk dilakukan. Proses update bisa dipilih juga, misal dilakukan ketika sedang menggunakan jaringan wifi.

Hampir semua laptop dijumpai kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows. Pasalnya, Windows menawarkan kemudahan dan fitur lengkap yang bisa digunakan.

Tampilan dari Windows juga simple, sehingga untuk orang awam akan mudah dalam mempelajari dan menggunakannya. Melakukan update pada Windows 10 memiliki banyak manfaat yang akan didapatkan.

Update windows sendiri merupakan sebuah pembaharuan pada sistem operasi yang terus dilakukan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan terus berupaya membuat kinerja Windows lebih baik.

Jadi melakukan update windows sangat diperlukan agar tidak ketinggalan dengan perkembangan terbaru. Selain itu, dengan melakukan update juga membuat laptop lebih kebal terhadap virus.

Baca juga: Cara Instal Windows 10 Pakai Flashdisk

Daftar Isi

Update Windows 10 offline

Untuk orang yang memiliki kuota internet pas-pasan, bisa memilih proses update secara offline yang dilakukan ketika laptop terhubung dengan wifi. Sebenarnya windows lebih menyarankan update secara real time atau update windows secara otomatis pada settingan di control panel.

Namun jika menggunakan setingan ini, setiap ada pembaharuan sistem operasi akan langsung melakukan prosed download pembaharuan secara otomatis yang tentunya akan membutuhkan kuota internet.

Sebelum menggunakan cara update Windows 10 offline, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan merubah settingan pembaruan lewat control panel.

Pembaruan secara Windows 10 secara offline bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mendownload patch update di situs Windows atau melalui software portable.

Cara pertama

Pertama update windows dengan mendownload patch update memiliki keunggulan yaitu kita dapat memilih update versi khusus tanpa adanya file tambahan. Namun, bagi orang yang tidak terlalu paham akan sistem operasi tentu akan sulit untuk memilih patch mana yang penting dan yang tidak diperlukan.

Itu merupakan kelemahan jika menggunakan update cara ini. Langkah melakukan update dengan cara mengunjungi situs resmi Microsoft yang merupakan pengembang Windows 10. Kemudian cari file patch update yang terbaru dan download file tersebut.

File biasanya dalam bentuk .exe atau file aplikasi yang proses updatenya dilakukan dengan cara di instal. Lakukan proses instalasi seperti biasa dan tunggu hingga selesai dan kemudian restart laptop. Instalasi akan berhasil jika patch tersebut belum ada di laptop.

Cara kedua

Untuk cara yang kedua dengan menggunakan software portable untuk melakukan update. Software ini bisa dicari di mesin pencarian Google dan pastikan merupakan software yang dikeluarkan dari situs resminya.

Setelah software portable berhasil didownload, langkah selanjutnya adalah melakukan proses instal. Setelah proses ini selesai, buka software portable tersebut. Kelebihan dari update proses ini adalah software menyarankan update mana yang direkomendasikan dan yang tidak.

Update yang disarankan akan muncul berwarna merah. Ceklist pilihan yang berwarna merah tersebut, kemudian lakukan proses download file tersebut. Setelah selesai, langkah berikutnya adalah membuka folder portable update, kemudian carilah Portup dan pilih nama Cache. Instal file yang terdapat di folder tersebut.

Demikian cara melakukan update Windows 10 secara offline yang dapat dilakukan. Cara yang kedua merupakan cara yang direkomendasikan.

Share:

Comment here