Portal Berita Terupdate
Indeks
Bisnis  

Mengenal Free Shipping, Strategi Bisnis Meningkatkan Penjualan

IDNMETA – Bisnis penjualan secara online memang sedang menjadi trand masyarakat Indonesia. Free shipping merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online dan terbukti ampuh mendatangkan banyak konsumen. Free shipping artinya adalah subisidi pengiriman yang diberikan penjual kepada konsumen.

Gratis ongkir akan dibebankan kepada penjual, tetapi ada sebagian marketplace yang menyediakan subsidi program ini kepada penjual maupun pembeli. Jadi penjual tidak akan 100 persen menanggung gratis ongkir.

Slah satu permasalahan dalam melakukan penjualan secara online adalah adanya biaya dalam proses pengiriman barang.

Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan mengaktifkan fitur free shipping. Besaran subsidi pengiriman bisa disesuaikan oleh pihak penjual untuk menarik minat para konsumen.

Selain menggunakan promo-promo menarik lain, fitur free delivery atau gratis pengiriman adalah salah satu yang bisa dicoba untuk menarik konsumen.

Cara Mengaktifkan Free Shipping di Market Place

Free shipping adalah fitur yang disediakan di sebagian besar marketplace yang ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. Cara mengaktifkan fitur ini juga mudah, berikut cara lengkapnya:

  1. Shopee

Mengaktifkan fitur di Shopee ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penjual yang diantaranya, toko memiliki minimal 1 produk yang dijual, akumulasi poin penalti tdak boleh kurang dari 3, penjual sudah terdaftar gratis ongkir, toko sedang tidak libur, tidak memiliki histori penjualan yang mencurigakan dan terakhir harus minimal mengaktifkan 1 fitur minimal satu jasa pengiriman yang telah ditentukan.

Untuk mengaktifkan fitur fee shipping di Shopee adalah pertama buka aplikasi, kemudia klik gratis ongkir. Pilih semua gratis ongkir, lalu klik daftar sekarang. Isi nama dan no KTP, kemudian uplode foto diri yang sedang memegang KTP.

Baca Juga:  Aplikasi Tiket Pesawat Termurah

Pastikan foto yang diunggah terlihat jelas agar memperbesar peluang lolos verifikasi. Kemudian ceklis pada bagian syarat dan ketentuan, klik kirimkan. Proses pendaftaran sudah selesai dan tinggal menunggu notifikasi dari Shopee paling lama 2×24 jam.

Ada ketentuan minimun belanja agar mendapatkan fitur gratis ongkir yang pertama belanja minimal Rp 30.000 subsidi ongkir maksimal Rp 40.000 untuk pengiriman luar Jawa dan minimal belanja Rp 30.000 dengan subsidi ongkir maksimal Rp 10.000 untuk pengiriman pesanan di pulau Jawa.

  1. Tokopedia

Cara untuk mengaktifkan fitur free shipping di Tokopedia pertama buka halaman Tokopedia Seller, kemudian klik pada bagian iklan dan promosi, lalu pilih gratis ongkir. Baca syarat dan ketentuan, lalu ceklis dan pilih bagain aktifkan bebas ongkir.

  1. Lazada

Free shipping Lazada adalah program yang diberikan kepada seller terpilih saja. Ada dua macam program yaitu free shipping cashback dan juga freeshipping max. Namun saat ini program yang sedang berjalan adalah free shipping max.

Cara mendaftar kunjungi pusat pemasaran, kemudian pilih promosi dan klik free shipping program. Pihak Lazada akan memberikan subsidi ongkir senilai Rp. 10.000 dengan ketentuan minimal pembelian Rp. 30.000.

  1. Bukalapak

Untuk mengaktifkan gratis ongkir di Bukalapak berbeda dengan tiga marketplace diatas. Penjual tidak perlu mendaftar terlebih dahulu dan langsung bisa mengaktifkan di seller center. Kemudian pilih produk yang ingin ditambahkan fitur gratis pengiriman dan lakukan pengaturan gratis ongkir yang meliputi ekspedisi pengiriman dan wilayah pengiriman.

Biaya Free Shipping untuk Seller

  1. Shopee

Untuk penjual non star biaya layanan akan dibebankan sebesar harga produk dikurangi vocer atau program yang dbuat oleh penjual dikalikan 4 persen.

Penjual star atau star+ biaya layanan sebasar harga produk dikurangi vocer atau program yang dbuat oleh penjual dikalikan 3,6 persen.

Baca Juga:  Mengenal Jenis-jenis Toko Online

Terakhir untuk toko penjual Shopee Mall biaya layanan adalah sebesar harga produk dikurangi vocer atau program yang dbuat oleh penjual dikalikan 2 persen.

Itulah biaya layanan yang dibebankan terhadap toko atau penjual di Shopee. Untuk Shopee Mall beban layanan lebih sedikit daripada penjual no star dan star ataupun star+.

  1. Tokopedia

Tak jauh berbeda dengan Shopee, biaya yang dibebankan kepada penjual di Tokopedia juga berbeda-beda tergantung dari tipe akun penjual.

Pertama untuk penjual regular marchan akan dibebankan biaya layanan sebesar 3 persen atau maksimal Rp 10.000, penjual power mercan sebesar 2,25 persen atau maksimal Rp 10.000 dan marchan pro sebesar 1,5 persen atau maksimal Rp 10.000.

  1. Lazada

Biaya pengaktifan fee shipping di Lazada berbeda-beda tergantung jenis penjual. Untuk penjual LazMall dibebakan biaya sebesar 2,02 persen, sedangkan penjula Lazada sebesar 3,03 persen.

Biaya tersebut akan dibebankan pada produk yang berhasil dijual. Biaya tersebut diberlakukan pada produk yang terjuan dengan atau tidak menggunakan vocer subsidi ongkir.

Biaya partisipasi tidak untuk pesanan dengan menggunakan promos gratis ongkir yang dibuat oleh penjual di seller center.

Selain itu, penjual diwajibkan setidaknya tiga hari mengikuti program dari waktu pendaftaran. Promo free shipping dari Lazada ini berlangsung sampai tanggal 31 Desember 2022.

  1. Bukalapak

Beban biaya pengaktifan gratis ongkir dibebankan kepada penjual sepenuhnya. Tetapi jika dari Pihak Bukalapak mengadakan promo gratis ongkir, vocer tersebut bisa digunakan oleh calan pembeli dan tidak dibebankan kepada penjual.

Keuntungan Free Shipping

Menggunakan fitur free shipping di marketplace memiliki banyak manfaat untuk penjual. Manfaat yang akan didapatkan diantaranya adalah:

Baca Juga:  Pilihan Investasi Terbaik Untuk Masa Depan

Pertama meningkatkan penjualan. Toko yang menerapkan fitur gratis pengiriman akan berpotensi mendapatkan lebih banyak pembeli.

Ada beberapa survei yang sudah membuktikan hal ini yaitu toko dengan logo gratis ongkir 127 persen lebih banyak dikunjungi oleh calon pembeli.

Kemudian juga 151 persen lebih produk yang dijual ditambah ke keranjang belanja, produk lebih banyak dilihat, jumlah pesanan meningkat 4 kali lipat dan dapat menghasilkan keuntungan lebih dari 2 kali lipat.

Tentu dengan data tersebut membuktikan bahwa gratis ongkir lebih diminati oleh calon pembeli.

Kedua adalah meningkatkan pembeli yang loyal. Salah satu kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha adalah memiliki pembeli yang loyal terhadap produk kita.

Dengan mengaktifkan gratis ongkir juga memungkinkan pembeli untuk merekomendasikan produk kita ke orang lain karena merasa puas berbelanja di toko.

Ketiga adalah mempercepat proses pembelian barang. Fitur free shipping adalah fitur yang biasanya terbatas atau tidak berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

Ketika calon pembeli melihat barang yang kita jual, ada peluang besar calon pembeli akan buru-buru melakukan proses pembelian.

Hal itu tentu karena produk kita masih dalam masa promo gratis ongkir yang tidak ingin dilewatkan oleh pembeli. Dengan demikian proses pembelian akan lebih cepat tentunya.

Fitur free shipping adalah salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk meningkatkan penjualan. Dilihat dari penjelasan-penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa fitur ini ampuh untuk menarik konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *