Portal Berita Terupdate
Indeks

Cara Mengatasi Stress Saat Bekerja

Ilustrasi Cara Mengatasi Stress Saat Bekerja
Businessman problem stress unemployment idea thinking

IDNMETA –  Cara mengatasi stress saat bekerja, agar rasa bisa kembali fokus dalam bekerja. Stress merupakan kondisi atau reaksi yang dialami seseorang baik secara fisik atau emosi saat menghadapi suatu perubahan lingkungan diluar kebiasaan.

Hal ini tentu pernah dan bahkan sering dirasakan oleh kamu, bukan? Atau bahkan setiap hari? Stress yang biasa kamu alami jika masih dapat diatasi dengan baik tidak akan begitu berpengaruh pada kesehatan kamu.

Namun, berhati-hati lah stress yang tidak terkelola dengan baik, menumpuk, atau bahkan terpendam akan sangat membahayakan kesehatan bahkan mengancam nyawa loh!

Kondisi tersebut bisa dialami oleh banyak orang ketika dalam tekanan saat mendapat beban tanggung jawab pekerjaan yang melebihi kapasitas kemampuan biasanya.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara Mengatasi Stress Saat Bekerja

Tekanan dari pimpinan dan beban pekerjaan yang menumpuk akan memancing banyak emosi, oleh karena itu kamu perlu perhatikan kondisi tersebut agar tidak mengganggu kesehatan kamu baik secara fisik maupun mental.

Jangan remehkan informasi tentang mental health terlebih saat kamu alami stress akibat beban kerja yang menumpuk, karena stress ini biasanya akan menyerang sisi emosional atau mental kamu secara perlahan namun pasti.

Baca Juga:  Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengobatinya

Simak informasi di bawah ini untuk bisa kamu jadikan tips mengelola stress di saat banyak pekerjaan. Berikut informasi nya.

Mengenali batas kemampuan diri

Dalam proses mengelola stress kamu perlu mengetahui atau mengenali batas kemampuan diri kamu, dengan kamu bisa mengenali batas kemampuan diri kamu, kamu bisa menentukan porsi pekerjaan yang dapat kamu handle atau kerjakan pada waktu tersebut.

Bekerja sesuai porsi dan kemampuan baik secara waktu maupun pemikiran akan sangat memudahkan kamu menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat untuk mental.

Kemampuan diri seseorang tidak bisa dipukul rata, oleh karena itu kamu perlu mengenali diri kamu untuk selanjutnya dapat menyampaikan kepada pimpinan batas kemampuan dan porsi kerja yang sesuai demi terciptanya kinerja yang maksimal dan optimal.

Hindari konflik

Konflik atau permasalahan dapat kamu jumpai dari pihak eksternal maupun internal yang muncul dari diri kamu sendiri. Kondisi stress yang dialami dan tidak terkontrol rawan memancing konflik.

Konflik eksternal yang muncul dari rekan atau klien kamu di tempat kerja biasanya sulit terkontrol atau tidak dapat terprediksi kapan hal tersebut datang.

Baca Juga:  Tanda Paru-paru tidak Sehat

Oleh karena itu, upayakan diri kamu untuk dapat mengontrol emosi agar terhindar dari konflik eksternal. Tapi disisi lain kamu juga perlu mengontrol emosi dalam diri kamu sendiri agar tidak selalu menuruti emosi, sehingga memicu konflik dalam diri.

Adanya konflik dalam diri dan konflik dengan orang lain di tengah beban kerja yang menumpuk akan sangat mengganggu kamu dan menambah stress yang kamu alami, oleh karena itu hindari hal tersebut terjadi.

Baca juga: Sayur dan Buah untuk Kesehatan Mata

Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Lingkungan dan suasana kerja sangat mempengaruhi kualitas kerja kamu loh! Suasana dan kondisi kerja yang nyaman bagi seseorang hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui dan menciptakan suasana kerja yang nyaman menurut versi kamu.

Ketika lingkungan dan suasana telah membuat kamu nyaman, stress akan mudah ditangani meskipun dalam kondisi pekerjaan sebanyak apapun.

Buat jadwal agenda kegiatan

Membuat jadwal agenda kegiatan atau yang bisa dikenal sebagai timeline akan memudahkan kamu dalam menyusun dan menentukan skala prioritas.

Banyak literasi yang memberikan tips untuk menyusun jadwal beserta agenda kegiatan yang tidak monoton, agar tidak membosankan.

Baca Juga:  Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit

Selain mempermudah kamu dalam menentukan skala prioritas, kamu akan merasa terbantu karena adanya jadwal agenda.

Baca juga: Macam-macam Profesi Dokter Spesialis

Hindari sifat Perfeksionis

Menentukan kualitas kerja dan menyusun pekerjaan dengan sangat rapi, baik, dan berusaha menciptakan hasil yang sempurna merupakan sebuah kewajaran dan tentunya keharusan yang perlu disadari oleh setiap orang.

Namun, ingatlah bahwa kamu harus menghindari target kerja yang terkesan menekan kamu, atau menuntut segalanya untuk tampil sempurna. Sifat tersebut mendorong kamu pada pribadi perfeksionis.

Sifat perfeksionis ini akan membuat kamu tambah stress ketika waktu, beban kerja, dan kemampuan kamu tidak sinkron. Oleh karena itu, hindari hal ini jika kamu merasa dalam kondisi yang tertekan.

Serta, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa menuntut segalanya untuk tampil sempurna. Perlu adanya pemakluman terhadap sesuatu yang terbilang remeh tanpa perlu harus kamu perhatikan, sehingga akan menguras energi dan emosi kamu.

Cara mengatasi stress saat bekerja yang dijelaskan di atas akan sangat membantu kamu dalam mengatur atau mengelola stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *